bakso khas malang

Bakso Malang dan Solo, Apakah Sajakah Perbedaannya?

Siapa sih yang tidak suka bakso? Rasanya hampir semua orang menyukainya. Apalagi ketika cuaca sedang dingin, misalnya saat musim hujan. Menyantap bakso yang merupakan salah satu makanan khas Malang tentu terasa sangat nikmat. Tidak hanya itu, ketika cuaca sedang panas sekalipun, menyantap semangkuk bakso bersama segelas es the manis juga menjadi favorit banyak orang.

Namun, selain bakso dari Malang, kamu pasti sering juga menemukan tulisan “Bakso Solo” pada beberapa gerobak atau banner pedagang bakso. Lalu, apa ya beda antara kedua bakso ini? Berikut ini 3 perbedaannya:

  • Jenis Bakso

Bakso Solo umumnya hanya menyediakan 3 jenis bakso, yaitu bakso biasa atau bakso polos, bakso urat, dan juga bakso yang berisi telur ayam. Sementara untuk bakso Malang, memiliki lebih banyak varian atau jenis sesuai dengan selera konsumennya. Beberapa varian bakso yang umum yaitu bakso isi keju, bakso isi daging, bakso isi sumsum, bakso mercon yang berisikan sambal atau cabai rawit, dan bakso telur. Namun, telur yang umumnya digunakan pada bakso Malang bukanlah telur ayam, melainkan telur puyuh sehingga ukurannya lebih kecil. Selain itu, mengenai isian pada baksonya sendiri, para pedagang bisa berkreasi mengikuti minat para pembelinya.

  • Rasa kuah Bakso

Sebenarnya kedua bakso ini sama-sama menggunakan kuah kaldu daging sehingga memiliki rasa yang gurih. Namun, kuah kaldu pada bakso Solo umumnya lebih bening dibandingkan dengan kuah kaldu bakso Malang. Selain itu, kuah kaldu pada bakso Malang juga mengandung lemak yang berasal dari jeroan daging yang ikut dimasak saat pembuatan kaldu.

  • Pelengkap Bakso

Bakso Solo jauh lebih sederhana dalam hal peenyajiannya. Sebab, pelengkap pada bakso ini hanyalah mie kuning atau bihun tergantung selera pembeli, tauge, bawang goreng, dan seledri. Sementara pada bakso Malang memiliki banyak pelengkap lain, seperti siomay, tahu cokelat maupun tahu putih, bakso goreng, pangsit goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya.

Bahkan ada juga loh bakso Malang yang menambahkan batagor ke dalamnya. Itulah sebabnya, pada bakso Malang terkadang isi baksonya sendiri berjumlah lebih sedikit dibanding bakso Solo karena didukung dengan pelengkap yang beragam.

Namun pada praktiknya, saat ini banyak pedagang bakso yang berusaha untuk berkreasi pada produk bakso Solo maupun bakso Malang yang dijual. Tujuannya sudah jelas, untuk membuat sesuatu yang berbeda sehingga dapat lebih menarik minat para pembeli.

Jadi jangan heran jika menemukan bakso Solo maupun bakso Malang dengan tampilan yang berbeda dari penjelasan di atas. Baik dari segi kuah kaldu maupun isian baksonya.

Bahkan mungkin kamu akan menemukan perpaduan antara keduanya di dalam satu tempat makan bakso yang sama. Yah, tapiapapun kreasinya, selama baksonya enak dan sesuai seleramu, tidak masalah kan?

admin
nashpilkah.com adalah web informasi yang mengedukasi dan menginspirasi. Temukan beragam tips dan cara yang bisa memudahkan pekerjaanmu disini.