Cara Mencegah Hipertensi Sesuai Anjuran SehatQ.com

hipertensiTekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat saat ini khususnya yang sudah berusia lanjut, meski kasusnya sangat tinggi namun masih banyak yang belum disadari. Inilah pentingnya memperhatikan direktori penyakit hipertensi paling terpercaya.

Cara Mencegah Hipertensi

Seseorang bisa dikatakan hipertensi jika tekanan darahnya sekitar 140. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan masalah serius bagi penderitanya, misalnya saja kebutaan, masalah jantung, stroke, gagal ginjal, dan sebagainya. berikut cara mencegahnya:

  1. Batasi Makanan yang Mengandung Kadar Garam Tinggi

Makanan yang tinggi akan kandungan garam merupakan salah satu penyebab munculnya tekanan darah tinggi. Sebaiknya hindari kuliner cepat saji, ber-MSG, dan beku karena dapat meningkatkan resiko penyakit rawan satu ini, agar lebih aman periksakan kesehatan secara berkala.

 Jika kandungan garam dalam makanan terlalu berlebihan maka cairan akan tertahan di pembuluh darah, untuk mengimbanginya jaga pola hidup sehat dan dukung dengan olahraga rutin serta mengkonsumsi buah dan sayur dengan kadar yang dianjurkan.

  1. Istirahat Cukup

Kesibukan sehari-hari sering menyita waktu istirahat. Agar terhindar dari hipertensi usahakan selalu memperhatikan hal tersebut, gunakan waktu luang untuk memberi ruang tubuh dan pikiran lebih tenang. Usahakan tidak menunggu sampai tubuh memberikan tanda berupa stress atau kelelahan.

Efek dari kelelahan dan stres sendiri akan meningkatkan dengan cepat resiko hipertensi. Selain itu perlu Anda perhatikan hindari mengkonsumsi alkohol dan merokok secara berlebihan, karena akan meningkatkan resiko terbentuknya plak di dinding pembuluh darah, sehingga menyebabkan penyempitan.

  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur sendiri merupakan makanan yang memiliki vitamin dan mineral bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk itu perlu dikonsumsi guna melengkapi kuliner lainnya. usahakan selalu memperhatikan pola makan sehat, hindari junk food berlebihan.

 Salah satu hal penting saat mencari direktori penyakit usahakan pada tempat yang tepat dan tentunya terpercaya. Nantinya Anda juga akan mendapatkan wawasan mengenai beberapa hal berkaitan dengan hipertensi misalnya terkait dengan memakan buah dan sayuran, seperti kiwi, persik, seledri, dan lainnya.

  1. Manajemen Stres yang Baik

Tentu Anda sering melihat atau mendengar informasi bahwa seorang yang memiliki tekanan darah tinggi salah satu tandanya adalah suka marah-marah meski terhadap hal kecil. Sebenarnya hal tersebut wajar karena tentunya manusia dapat stres, untuk itu harus bisa dikendalikan dengan baik.

Pengelolaan stres ini sangat penting dilakukan sejak dini agar nantinya saat bertambah usia sudah terbiasa. Hindari merenungkan masalah secara berulang dengan konsentrasi tinggi, saat Anda rasa hidup terlalu berat cobalah mencari ketenangan dengan mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

  1. Periksa Kesehatan Secara Rutin

Kesehatan sendiri merupakan aset paling berharga dalam hidup, karena akan menunjang kelancaran dalam melakukan berbagai kegiatan. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin kepada ahlinya atau spesialis tertentu.

Hipertensi merupakan salah salah satu penyakit yang mendapatkan sebutan silent killer yaitu bisa membunuh dengan diam-diam tanpa disadari karena gejalanya sendiri tidak terlalu terlihat. Anda sangat disarankan untuk mendeteksi gangguan penyakit.

Informasi terkait kesehatan sangat mudah untuk dicari di internet, namun saat mencari direktori penyakit sebaiknya pilih yang terpercaya salah satunya di sehatQ.com. Selain informasi terkait hipertensi Anda juga bisa mendapatkan gangguan kesehatan lainnya seperti asma, serangan jantung, dan sebagainya. Oleh karena itu, jaga kesehatan masing-masing.

Kesehatan
Tags: