definisi dan jenis cloud provider

Definisi dan Jenis Layanan Komputasi Awan

Bagi seseorang yang sudah bergelut lama di dunia IT, tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar layanan cloud provider Indonesia, bukan? Ya, istilah ini umumnya sering diartikan sebagai proses pengolahan beragam sumber daya yang dilakukan dengan memanfaatkan akses jaringan internet.

Namun bagi Anda yang mungkin masih asing dengan provider cloud, ada baiknya menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Definisi cloud computing

Cloud computing atau sering dikenal dengan komputasi awan ini merupakan suatu proses komputerisasi pada sebuah teknologi yang berbasis internet untuk menyimpan dan mengolah data secara virtual. Dengan menggunakan layanan cloud ini, maka pengguna nanti tidak perlu repot – repot lagi untuk menyiapkan platform maupun infrastruktur pendukung lain.

Hadir dengan mengedepankan kemudahan, keamanan dan kenyamanan penggunaan, cloud ini memiliki beberapa kegunaan seperti :

  • Meningkatkan kinerja antar tim di suatu perusahaan

Layanan cloud dapat dijadikan sebagai teknologi canggih dalam menyimpan semua data perusahaan di storage virtual sehingga mudah diakses oleh semua tim di dalamnya.

  • Meningkatkan kapasitas penyimpanan data

Layanan cloud ini umumnya menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar bila dibandingkan dengan perangkat fisik seperti flashdisk, hardisk dan lain – lain.

Jenis – jenis cloud provider di Indonesia

Setelah Anda tahu mengenai definisi dari komputasi awan di atas, kini saatnya untuk tahu mengenai jenis – jenis layanan cloud yang ada di Indonesia. Pada umumnya, yang ada di pasaran ini dibedakan menjadi 3 model / jenis. Adapun jenis – jenis layanan cloud yang ditawarkan diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Public Cloud

Yakni teknologi cloud yang memungkinkan layanannya dapat diakses oleh semua pengguna tanpa batasan. Disini, layanan yang diberikan bisa berbayar maupun gratis bagi semua kalangan penggunanya. Keuntungan dari jenis layanan cloud yang satu ini yakni pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk proses maintenance infrastruktur sampai dengan platform / aplikasi yang dipakai.

  • Private Cloud

Seperti namanya, layanan cloud ini lebih mengutamakan soal privasi / kerahasiaan para penggunanya. Adapun layanan ini biasanya sering dipakai untuk kebutuhan internal organisasi maupun perusahaan. Menggunakan jenis layanan private cloud ini yakni akan terjamin semua data keamanan dari mulai infrastruktur sampai dengan maintenance software dan platform yang dipakai oleh pengguna.

  • Hybrid Cloud

Merupakan gabungan dari layanan public cloud dan private cloud. Dimana, jenis layanan ini biasanya hanya digunakan oleh pihak institusi / perusahaan tertentu saja. Keuntungan menggunakan layanan hybrid cloud ini yakni akan menjamin keamanan data – data yang berkaitan erat dengan masalah hukum dan kerahasiaan data – data klien. Sehingga, tidak heran jika hal ini mampu dijadikan sebagai media penyimpanan perusahaan yang rahasia dan benar – benar aman. 

Jadi, itulah sekilas informasi menarik yang bisa Anda ketahui mengenai definisi hingga jenis – jenis layanan cloud computing di Indonesia.

admin
nashpilkah.com adalah web informasi yang mengedukasi dan menginspirasi. Temukan beragam tips dan cara yang bisa memudahkan pekerjaanmu disini.