Kapan Filter Pada Mobil Harus Diganti?

promo mobil Xpander terbaik

Baru beli mobil dengan memanfaatkan promo mobil Xpander terbaik? Jangan lupa pelajari juga beberapa komponen pentingnya dan cara merawatnya. Sebab, baik komponen berukuran kecil maupun besar, semua memiliki peran yang sangat penting untuk kenyamanan dan kelancaran berkendara. Salah satunya komponen yang dimaksud adalah filter atau penyaring.

Sebagai penyaring, tentunya komponen ini sangat rentan menjadi area tempat menumpuknya kotoran. Lalu, kapan ya komponen ini harus diganti? Atau cukup dibersihkan saja? Berikut ini adalah penjelasannya!

  1. Filter

Jenis filter yang satu ini punya tugas paling vital dan berat karena berkaitan dengan kinerja mesin secara langsung. Sebab, fungsinya adalah untuk memastikan bahwa oli mesin yang melumasi komponen-komponen mesin benar-benar bebas dari segala jenis kontaminasi, seperti air, serbuk metal, jelaga, dan berbagai kotoran lainnya. Cek filter oli berbarengan dengan jadwal servis berkala, yaitu tiap 6 bulan atau 10.000 km.

  1. Filter Udara

Fungsi dari filter udara adalah menyaring debu atau partikel asing lainnya agar tidak masuk sampai sistem injeksi maupun ruang pembakaran mesin. Jika diabaikan, tumpukan kotoran pada filter udara bisa menyebabkan tarikan mobil jadi lemah dan tidak responsif, apalagi saat Anda melalui tanjakan. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga akan jadi lebih boros, suara mesin jadi kasar, dan akhirnya menyebabkan kerusakan mesin. Filter udara boleh dibersihkan selama beberapa periode pemakaian, tetapi harus segera diganti jika kotoran sudah sangat menempel dan tidak bisa lagi dibersihkan.

  1. Filter bahan bakar.

Sementara itu, filter bahan bakar terdiri atas cangkang pelindung dan elemen filter. Tanpa adanya filter ini, benda asing yang terdapat di dalam bahan bakar akan menimbulkan kerusakan, karat, dan akhirnya merusak mesin secara keseluruhan. Apalagi, filter ini juga berfungsi menyaring air yang ada di dalam bahan bakar. Penggantian filter bahan bakar idealnya dilakukan setiap 4 tahun atau 80.000 km.

  1. Filter

Terakhir, ada filter AC yang penting dalam menunjang kenyamanan di dalam kabin. Fungsi utamanya adalah mencegah agar kotoran seperti debu tidak masuk ke dalam evaporator. Jadi, masalah pada filter AC jelas berdampak pada kenyamanan Anda. Selain itu, filter AC yang kotor juga dapat mengganggu saluran pernapasan karena debu, jamur, maupun kotoran lain yang terhirup masuk ke dalam sistem pernapasan Anda. Filter AC atau filter kabin disarankan untuk diganti dengan yang baru sekitar 6 bulan sekali atau saat mencapai 10.000 KM.

Itulah 4 jenis filter pada mobil yang bisa Anda cek sendiri dengan mudah di rumah. Selamat merawat mobil baru, ya!

Teknologi